Politikus PKS: PPKM Mikro Tak Efektif, Harus Lockdown

Politikus PKS: PPKM Mikro Tak Efektif, Harus Lockdown

[BERITA-ISLAM.COM]
 Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Netty Prasetiyani mengatakan penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro terbukti tidak efektif dalam menekan lonjakan angka penularan Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Netty menaggapi pertambahan kasus positif Covid-19 harian secara nasional yang memecahkan rekor dengan bertambah 20.574 pada hari ini, Kamis (24/6/2021).

Netty yang juga Anggota Komisi IX DPR RI meminta pemerintah segera menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau lockdown total dalam menyikapi lonjakan kasus yang terjadi saat ini.

"PPKM skala mikro terbukti tidak efektif menahan mobilitas masyarakat. Akibatnya lonjakan kasus Covid-19 sulit dikendalikan. Pemerintah harus segera berlakukan PSBB, bahkan lockdown total," kata Netty, Jumat (25/6/2021).

Menurut Netty pengendalian pandemi hanya akan berjalan efektif dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, tegas, dan melibatkan partisipasi masyarakat luas.

Menurutnya, penanganan pandemi tidak akan efektif bila pemerintah membuat kebijakan yang tidak setengah hati dan tidak memaksa masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Masyarakat harus dipaksa agar disiplin protokol kesehatan melalui aturan yang ketat dan tegas. Tanpa aturan yang tegas dan setengah hati, masyarakat yang sudah jenuh dengan keadaan pandemi akan abai dan tidak peduli. Opsi pemberlakukan PSBB seperti di awal pandemi harus diambil. PSBB ketat yang diterapkan di Jakarta dulu, terbukti mampu menurunkan angka kasus secara signifikan," ujarnya.

Posting Komentar untuk "Politikus PKS: PPKM Mikro Tak Efektif, Harus Lockdown"